Pages

Rabu, 20 Juni 2012

Menuju Negara Maju dengan Potensi yang Dimiliki Indonesia


          Bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu mengembangkan segala potensi yang dimilikinya, baik potensi alam, maupun potensi manusianya. Potensi alam diantaranya hutan, tambang-tambang dan segala hal yang berasal dari alam. Sedangkan potensi manusia yaitu potensi yang terdapat pada setiap individu, bisa dari fisiknya, maupun pemikirannya. Bahkan potensi ini menjadi potensi paling penting dari majunya suatu negara.
            Apabila menilik ke negara tetangga kita, yaitu Singapura. Luas wilayahnya jauh lebih kecil dari Kota Jakarta. Potensi alam yang dimiliki negara tersebut sangat kecil. Namun  Singapura sudah dianggap sebagai negara yang maju di kawasan Asia Tenggara. Tentu saja hal tersebut tidak bisa dipungkiri, bahwa Singapura memiliki banyak industri yang menopang kehidupan rakyatnya. Dari negara tersebut bisa disimpulkan bahwa untuk menjadi sebuah negara yang maju, tidak harus memiliki kekayaan alam yang melimpah, tetapi bagaimana manusia-manusia di dalamnya mampu mengembangkan potensi untuk melakukan inovasi-inovasi dan gebrakan terutama di sektor ekonomi. Karena ekonomi adalah yang menjadi tolak ukur majunya sebuah negara.
            Kemudian, bagaimana dengan negara Indonesia tercinta ini. Indonesia sering disebut sebagai surga dunia karena mempunyai kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari hutan, serta tambang-tambangnya diantaranya emas, minyak, titanium, batu-bara, dan yang lainnya. Akan tetapi Indonesia belum mampu menyaingi negara-negara barat, bahkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia yang notabene mempunyai kekayaan alam yang jauh di bawah Indonesia.
            Lalu, potensi manusia yang dimiliki Indonesia saat ini bisa dibilang memiliki kualitas, atau kepintaran yang sepadan dengan orang-orang barat bahkan melebihinya. Hal ini bisa dibuktikan dari prestasi pada kejuaraan seperti olimpiade sains dan  ajang kompetisi lain, kalau Indonesia sering mendapatkan medali emas di tingkat internasional. Melihat kenyataaan tersebut, seharusnya Indonesia sudah tidak tertinggal lagi dari negara-negara lain, baik dari ekonomi maupun kualitas hidup masyarakatnya.
            Apabila melihat kenyataan tersebut, sebenarnya apa yang salah dari negeri ini. Ketika potensi manusia sudah sangat baik, diikuti dengan potensi alam yang melimpah ruah, seharusnya Indonesia bisa menjadi negara yang maju bahkan menjadi salah satu negara super power. Masalahnya adalah dari kualitas pendidikan di Indonesia. Mungkin para peserta didik sekarang dari segi intelektual sudah seperti yang diharapkan, namun pendidikan tersebut cenderung membuat peserta didik hanya mengikuti ilmu atau teori yang sudah ada, atau bisa dikatakan hanya ikut-ikutan. Oleh karena itu, saat mereka sudah dihadapkan pada kenyataan dalam bermasyarakat dan kehidupan yang sebenarnya, mereka tidak punya kemampuan untuk membuat sesuatu hal yang baru dan hanya mengikuti alur kehidupan.
            Jadi, jika pendidikan di Indonesia bisa membuat peserta didik mempunyai inovasi dan semangat untuk membuat kemajuan, bukannya tidak mungkin Indonesia menjadi negara adidaya di masa yang akan datang. Bahkan mampu menjadi negara yang paling berperan besar terhadap kehidupan di dunia ini.

0 komentar:

Poskan Komentar